Sistem File/Direktori Pada Linux

Sistem file pada Linux menyerupai pepohonan (tree), yaitu dimulai dari root, kemudian direktori dan sub direktori. Sistem file pada Linux diatur secara hirarkhikal, yaitu dimulai dari root dengan symbol “/”.
Berkas-berkas atau file dapat disimpan pada direktori root, tetapi usahakan tidak menyimpan berkas-berkas biasa sehingga direktori ini tetap terjaga keteraturannya.

Perubahan penamaan direktori-direktori yang ada pada direktori root akan menyebabkan sebagian besar dari sistem menjadi tidak berguna. Karena sebagian besar dari direktori-direktori ini berisi fungsi-fungsi yang sifatnya kritikal, dimana sistem operasi dan semua aplikasi memerlukan direktori-direktori ini dengan nama yang sudah diberikan pada awal instalasi. Tetapi kita bisa membuat direktori lain pada level ini. Direktori home juga bisa ditemukan pada level ini hasil pembuatan oleh administrator sistem.

DIREKTORI STANDAR
/ menunjukkan hirarki tertinggi dari sistem ditektori Linux dimana direktori ini membawahi dari direktori /usr, /home, /mnt dan direktori lainya seperti gambar diatas.
/bin berisi program yang berisi perintah-perintah yang digunakan oleh user biasa seperti perintah ls (menampilkan isi dari suatu direktori, cd (untuk berpindah direktori). Intinya direktori ini berisi program-program yang esensial agar sistem operasi dapat bekerja dengan benar. Dalam direktori ini dapat ditemukan perintah-perintah navigasi, program-program shell, perintah pencarian. Bin adalah singkatan dari kata binary. 
Di Linux sebuah binary adalah file yang dapat dieksekusi (executable). Sebagian besar dari perintah dalam UNIX merupakan binary, perintah-perintah tersebut merupakan program-program kecil yang dapat dieksekusi oleh pengguna. Ada beberapa perintah yang disebut perintah built-in dimana fungsi tersebut dikendalikan oleh program shell, sehingga mereka tidak beroperasi sebagai binary yang terpisah. Terkadang direktori bin terhubung ke direktori lain yang dinamakan /usr/bin. Direktori /usr/bin biasanya adalah lokasi sebenarnya dari binary-binary pengguna disimpan.Dalam hal ini, /bin adalah gerbang untuk mencapai /usr/bin. 

Contoh command yang ada di direktori /bin. login ,Shell (bash, ksh, csh), File utility (cp, mv, rm. ln, tar), Editor (ed, vi), Filesystem utilty (dd, df, mount, umount, sync), System utility (uname, hostname, arch), GNU utility (gzip, gunzip).
/sbin berisi program yang berisi perintah-perintah yang digunakan oleh super user seperti ifconfig (menampilkan informasi tentang kartu jaringan / network device yang terpasang pada mesin). Conton program yang di jalan dari direktori /sbin, antara lain : fsck, fdisk, mkfs, shutdown, lilo, init.
/home berisi data dari user yang terdaftar dalam komputer / mesin yang bersangkutan.
/usr berisi paket program, dokumentasi, konfigurasi, aplikasi, library dan source aplikasi linux.
/opt berisi aplikasi yang dapat diakses oleh semua user (hampir sama dengan /usr/sbin/.
/root merupakan “home” nya superuser / root / administrator.
/tmp singkatan dari temporer adalah direktori yang disediakan ketika dibutuhkan ruang sementara dalam melakukan pekerjaan, contoh ketika melakukan proses burn cd maka image (file iso ) secara default dimasukkan ke direktori ini sebelum di burn ke cd
/etc secara umum merupakan direktori tempat file konfigurasi berbagai macam service dan program yang terinstall di dalam sistem. Direktori /etc berisi file yang berhubungan dengan administrasi system, maintenance script, konfigurasi, security dl.  Hanya superuser yang boleh memodifikasi file yang berada di drektori ini. Subdirektori yang sering diakses pada direktori /etc antara lain : 
/etc/profile.d berisi skrip yang dijalankan oleh /etc/profile setelah login 
/etc/init.d berisi sebagian besar service yang mendukung layanan sistem, misalkan /etc/init.d/networking restart untuk mengaktifkan service jaringan.
/etc/rc*.d dimana tanda “*” berupa angka sesuai dengan default run level. Berisi file untuk service yang dijalankan dan dihentikan pada run level tersebut. Pada sistem berbasis rpm, file ini ter-symbolic link ke script inisialisasi sendiri, yang berada pada /etc/rc.d/init.d. 
/etc/skel direktori yang berisi beberapa contoh atau kerangka shell inisialisai. Seringkali berisi subdirektori dan file yang digunakan untuk mengisi home directory pengguna baru. 
/etc/X11 berisi file konfigurasi untuk sistem X Window
Dan beberapa layanan lain diantara nya passwd shadow fstab hosts motd shells services lilo.conf
/mnt berisi informasi device yang terpasang (mount) di dalam komputer.
/dev
Berisi file system khusus yang merupakan refleksi device hardware yang dikenali dan digunakan system.n Konsep Unix dan Linux adalah memperlakukan peralatan hardware sama seperti penanganan file. Setiap alat mempunyai nama file yang disimpan pada direktori /dev. 
/var Direktori ini berisi data yang bermacam-macam (vary). Perubahan data dalam sistem yang aktif sangatlah cepat. Data-data seperti ini ada dalam waktu yang singkat. Karena sifatnya yang selalu berubah tidak memungkinkan disimpan dalam direktori seperti “/etc”. Oleh karena itu, data-data seperti ini disimpan di direktori var
/boot berisi informasi yang berkaitan dengan device dan service yang dijalankan ketika komputer melakukan booting (proses komputer dari keadaan mati/off menjadi hidup/on)
Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar